Minggu, 04 Maret 2012

Perkembangan Komputer dari dulu sampai sekarang


Inilah urutan perkembangan dan evolusi komputer dari tahun 1943 sampai dengan 2010 :

Komputer Generasi Pertama
ENIAC(Electronic Numerical Integrator And Computer) merupakan komputer pertama didunia. Ukuran komputer ini sangat besar, dan daya listrik yang dibutuhkan juga sangat besar. Mesin ini mempunyai kecepatan operasi 5000 operasi penambahan perdetik. Kekurangan dari komputer ini adalah masih manualnya pemrogramannya, yaitu dengan menyetel switch-switchnya, memasangkan dan menanggalkan kabel-kabelnya.



EDVAC  (Electronic  Discrete Variable Computer) dicetuskan oleh Von  Neumann, dia yang mempunyai ide  mengenai  konsep  stored-program (program  penyimpanan)  sebagai pengembangan  dari  ENIAC. beberapa kemampuan dari EDVAC adalah sebagai berikut  memori utama menyimpan data maupun instruksi,  Arithmetic Logic Unit  untuk mengolah data biner,   Control Unit melakukan kontrol terhadap instruksi di dalam memori,  I/O berinteraksi dengan lingkungan luar.


EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) mempergunakan  raksa (merkuri) dalam tabung sebagai media untuk menyimpan data.


Komputer Generasi kedua
Di Lab. Bell,  William Shockley menemukan TRANSISTOR. Penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Transistor mempunyai ukuran yang lebih kecil dan ringan, disipasi daya lebih rendah.
transistor
IBM  7094  dibuat  dengan tujuan  kemampuannya  semakin meningkat,  kapasitasnya  semakin besar, dan biayanya semakin kecil. 
Digital  Equipment Corporation (DEC)  tahun  1957  meluncurkan komputer pertamanya yaitu PDP 1.

Komputer Generasi ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Inilah kekurangan dari Transistor. Maka dari itu digenerasi ketiga ini menggunakan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Contoh komputer generasi ketiga , 
Microelectronics  merupakan  benar -benar    “  small-electronics”  yang  dapat dibuat  dengan  semikonduktor.  Contoh:  silicon  wafer  (wafer  silikon).  Microelec-tronics lebih dikenal dengan nama chip.  


komputer generasi ketiga
Komputer Generasi keempat
Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III. Bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi. Pada  komputer  generasi  ini sudah memanfaatkan mikroprocessors. Contoh Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code). 

komputer generasi keempat

Komputer Generasi kelima ( masa depan )

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
komputer generasi kelima


sumber : 
                                             # http://ratnaroom.files.wordpress.com/2008/04/evolusi-dan-kinerja-komputer-orkom11.pdf
# Naskan, S.Kom. (2009) Pertemuan II - Evolusi dan Kinerja Komputer, Organisasi & Arsitektur Komputer.

1 komentar:

  1. yg pnya blog ckep...hehehe

    numpang promo yah newyus.blogspot.com
    livegoodyus.blogspot.com

    BalasHapus